Legenda Dryad

Dryad adalah makhluk legendaris dari mitologi Yunani. Menurut mitologi Yunani, Dryad merupakan makhluk, atau semacam peri, yang menghuni tumbuh-tumbuhan, berwujud wanita.

Nama Dryad berasal dari kata drus yang berarti “pohon”, khususnya pohon “Oak”.Dari kata ini timbul pengertian mengenai Dryad yakni kaum Nymph yang hidup dalam tumbuh-tumbuhan. Istilah tersebut sering dipakai untuk menyebut kaum Nymph yang tinggal dalam pepohonan secara umum.
Dalam Mitologi Yunani Dryad merupakan peri-peri yang hidup di hutan bebas dan mereka bertugas untuk melindungi hutan. Mereka dapat bergerak bebas dan bertualang dari satu pohon ke pohon yang lain. Para peri Dryad sangat akrab dengan pepohonan tetapi bukan berarti mereka tinggal disana.Dryad adalah makhluk legendaris dari mitologi Yunani. Menurut mitologi Yunani, Dryad merupakan makhluk, atau semacam peri, yang menghuni tumbuh-tumbuhan, berwujud wanita.

Pohon Oak

Pohon Oak atau ek yang merupakan nama dari beberapa ratus spesies pohon dan semak dalam genus Quercus dan beberapa genus yang berhubungan, terutama Cyclobalanopsis dan Lithocarpus. Genus ini berasal dari belahan bumi utara menyebar dari daerah lintang yang dingin sampai Asia yang tropis dan Amerika.
Pohon ini memiliki batang yang kokoh, daun yang rindang, teduh, dan memiliki kesan melindungi. Keberadaanya bagai oase di tengah padang gurun karena mampu melindungi manusia dari sengatan sinar matahari ataupun derasnya hujan yang menghantam.

Dryad dalam Kisah Fantasi

Karakter Dryad dari mitologi Yunani muncul dalam kisah fantasi The Chronicles of Narnia sebagai spirit berwujud wanita yang berasal dari pepohonan.

Dalam game Warcraft, Dryad muncul sebagai salah satu unit petarung dari ras Elf. Wujudnya setengah wanita dan setengah rusa.

Hama Dryad

Disamping itu ada pula jenis peri yang bernama Hamadryad yakni peri yang bisa dikatakan menggantungkan hidupnya di pepohonan. Mereka lahir bersamaan dengan tumbuhnya pohon dan akan mati ketika pohon itu mati juga. Kehidupan dan Jiwa Hamadryad memiliki hubungan yang sangat kuat dengan jiwa dan kehidupan pohon. Ketika Hamadryad merasa pohon tempat tinggalnya mulai terusik oleh para penebang liar mereka menjatuhkan sesuatu dan menyerang mereka. Inilah alasan yang membuat banyak orang percaya bahwa jika seseorang mengganggu kehidupan pepohonan apalagi menyakitinya mereka akan mendapat pembalasan dari tuhan.

Dalam beberapa karya sastra Dryad dan Hamadryad dikisahkann sebagai peri pepohonan dan kebanyakan dari mereka tinggal di pohon Oak atau Pohon Ek. Mereka sangat luar biasa dalam hidupnya termasuk kedekatan mereka terhadap dewa-dewa yang abadi dapat hidup damai bersama mereka tanpa ada perseteruan. Selain itu mereka juga digambarkan sebagai sesosok yang pemalu dan berperangai lemah lembut. Dryads juga dikisahkan sebagai makhluk yang sangat penyayang dan selalu riang gembira terkadang mereka berkeliling di alam yang sedang mereka tempati dan hidup damai bersama hutan-hutan bahkan semua habitat yang ada di dalamnya.

Sumber: pristianpedia.blogspot.com

6 responses to “Legenda Dryad

Jangan Lupa Komentarnya ya dan Jangan Lupa Kritik dan Sarannya, Terima Kasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s