Apakah Ikan Tidur?

Jika kita memperhatikan ikan yang kita pelihara di aquarium pada waktu  siang hari, kita melihat ikan tersebut aktif bergerak. Mereka berenang  kesana – kemari  dengan lincahnya, melakukan aktifitas mencari makan di dasar dan di atas permukaan dengan aktifnya dan terlihat seakan – akan sedang  bercanda dengan senangnya.

Dari aktivitas ikan tersebut maka timbul  pertanyaan di benak kita, “ Apakah ikan tersebut tidak lelah, apakah ikan tersebut perlu istirahat, dan apakah ikan tidur ??? ”.

Jika anda menjawab “iya, ikan pasti lelah dan perlu tidur”, maka jawaban anda sangatlah tepat karena pada dasarnya, setiap makhluk hidup harus beristirahat dan tidur. Ikan juga perlu beristirahat dan tidur karena jika tidak, ikan bisa menjadi lemah dan bahkan mati. Meski demikian, terdapat perbedaan antara tidur ikan dan manusia, termasuk cara, kapan, dan berapa lama ikan-ikan harus tidur. Saat tidur, ikan juga tidak bisa menutup matanya karena memang hampir semua ikan tidak mempunyai kelopak mata. Kesamaannya hanya pada kebutuhan akan tempat yang aman dan nyaman. Biasanya, ikan tidak tidur di tempat tertentu, misalnya di sarang. Ikan bisa tidur di sebarang tempat, asalkan cocok.

Jika kebetulan di rumah anda punya akuarium dengan ikan mas atau minow di dalamnya,  perhatikanlah saat ikan-ikan tersebut diam tak bergerak di dasar akuarium pada malam hari. Itulah cara ikan mas dan minow tidur. Mereka beristirahat di malam hari, berbeda dengan serowot yang tidur pada siang hari dan aktif pada malam hari. Ketika tidur, ikan tidak benar-benar terlelap. Ikan masih setengah sadar karena harus waspada dari para pemangsa. Saking waspadanya, riak air kecil pun bisa membangunkannya.

Kalau ikan tidur, gayanya bermacam-macam lho!!!. Ada yang masuk ke tempat persembunyian nya, ada yang tidur sambil bergerak perlahan, ada yang benar-benar diam, kayak patung,dan ada pula yang posisi tidurnya seperti posisi sakit atau mati. Beberapa jenis ikan juga punya perilaku yang unik saat mereka tidur. Ikan baronang misalnya, tidur pada malam hari dengan cara miring di celah bebatuan. Ikan karper eropa tidur malam hari di dalam “taman karang” idamannya, sedangkan ikan sidat gusi tidur di pasir pada siang hari dengan kepala menyembul. Pada malam hari sidat gusi justru berkeliaran mencari pakan. Ada juga ikan yang sebelum tidur, bersiap-siap dulu. Misalnya, ikan kakaktua akan mengeluarkan lendir seperti jeli yang bentuknya mirip kepompong transparan. Lendir itu kemudian menutupi seluruh permukaan tubuhnya. Hal ini di maksudkan agar pada saat tidur ikan kakaktua terlindung dari pemangsanya. Nah, setelah itu barulah ikan kakaktua mulai tidur. Zzzzzzzzzzzzz !!!!!!!!!

3 responses to “Apakah Ikan Tidur?

Jangan Lupa Komentarnya ya dan Jangan Lupa Kritik dan Sarannya, Terima Kasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s