Belajar Autocad: Sistem Koordinat dan Line

Sistem Koodinat

Sistem koordinat yang ditunjukan pada gambar adalah sistem koordinat yang sesuai dengan standar internasional yaitu sumbu X untuk memanjang (kiri-kanan), sumbu Y untuk melintang (maju-mundur), dan sumbu Z untuk tegak (naik-turun).Pada autocad sendiri sistem koordinat standar internasional ini disebut WSC atau World Coordinate System.Pada autocad pengaturan arah sumbu UCS dapat dirubah sesuai keinginan atau kebutuhan.

Menggambar dengan menu Line

Berikut caranya:

Pada toolbar klik Draw kemudian Line atau ketik “L” atau “line” pada menu command trus enter.

Hal yang perlu di ingat

Pada command tertulis specify first point, klik posisi awal garis.

Pada command tertulis specify next point or [Undo], klik posisi akhir garis.

Jika ingin menentukan panjang garis setelah menentukan posisi awal garis lalu ketik @X,Y,Z terus Enter.

Dan juga ada cara mudah untuk menentukan panjang garis tanpa harus mengetik @X,Y,Z seperti ini caranya,aktifkan drafting setting (polar.osnap,otrack).

Pada saat setelah kita menentukan posisi awal garis lalu arahkan mouse sejajar dengan sumbu X atau sumbu Y atau sumbu Z seperti tampak pada gambar di bawah ini ane mensejajarkan dengan sumbu Y.

Terus ketik berapa panjang garis yang anda mau terus <enter>, ane mengetikkan panjang garis 200 maka akan tampak seperti gambar.

Contoh soal:

Pada contoh ini ane menggunakan rumus @,X,Y,Z.Pertama ubah sudut pandang 3D yaitu SE isometric.Caranya klik View pada menu bar trus 3D View pilih SE Isometric.

Lalu ketik Line trus Enter.Berikutnya:

1. Klik posisi awal garis

2. Ketik: @0,0,-200 <enter>

3. Ketik: @200,0,0 <enter>


4. Ketik: @0,0,200 <enter>

5. Ketik: @-200,0,0 <enter>

6. Ketik: @0,250,0 <enter>

7. Ketik: @200,0,0 <enter>

8. Ketik: @0,-250,0 <enter> dan <enter> lagi untuk mengakhiri.


9. Ketik Line lagi terus Enter, lalu klik titik W sebagai posisi awal garis (lihat gambar) trus ketik: @0,0,-200 <enter>

   
10. Ketik: @0,-200,0 <enter> dan <enter> lagi untuk mengakhiri.

Untuk Latihan:

6 responses to “Belajar Autocad: Sistem Koordinat dan Line

  1. saya sedang bingung…
    Kalau buat yang seperti model kepala rusa, bisa tidak?
    Kalau bisa mungkin saya akan sedikit lebih tertarik, hehehehe…
    Nggak ding, saya punya AutoCAD saja tidak.🙂

  2. Woww…. sudah dimulai kelas AutoCAD-nya nih…..😀
    Saya lupa lagi beli CD programnya. Padahal kemaren ke Mangga Dua. Hiks…
    Yang paling baru versi berapa ya, Gan?
    Trus itu gambar balok di atas satuan panjangnya pixel ato cm?
    Bisa diganti-ganti, kan?

    • hahahaha..🙂
      DL aj gan.. :p
      dh ada kan yg bersi 2012ny tpi ane make yg 2008 sob..
      klo ane pke cm sob..
      iy bsa d’ganti..
      klo cuma latihan ato belajar mah nda d’setting satuanny juga nda pa2..

Jangan Lupa Komentarnya ya dan Jangan Lupa Kritik dan Sarannya, Terima Kasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s